Pada program kerja Lembaga pengabdian kepada masyarakat dan Ventura Universitas Tarumanagara (LPKMV UNTAR) telah di susun rangkaian kegiatan dengan konsep dasar: Reposisi – Pedalaman – Peningkatan – pengembangan.

Repisisi dilakukan mengingat perkembangan paradigma dan arah kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu dan dinamika kehidupan manusia. selain itu, reposisi dilakukan untuk menempatkan kegiatan pengabdian masyarakat di UNTAR agar sesuai dengan peminjaman mutu melalui Akreditasi, sehingga pencapaian tujuan dapat dilakukan secara efesien.

Pendalaman terhadap definisi dan pengertian Pengabdian Kepada masyarakat sendiri perlu dilakukan, mengingat sebagai salah satu kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi, masih harus diakui bahwa Pengabdian Kepada masyarakat masih kurang di lingkungan UNTAR. hal ini tercermin dari bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang sebelumnya belum selaras dengan panduan yang di keluarkan DIKTI

Penigkatan sebagai implementasi dari kegiatan reposisi dan pendalaman, maka perlu disusun suatu strategi untuk usaha pencapaian tujuan pemenuhan kewajiban tridharma tersebut. penigkatan yang dimaksud adalah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan panduan DIKTI tersebut di atas. Diseminasi dan sosialisasi merupakan aktivitas penting dalam tahapan ini.

pengembangan merupakan sasaran akhir dari seluruh rangkaian di atas yang bertujuan untuk menyediakan arah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kinerja lembaga (UNTAR) ke tatana  yang lebih baik.

Menurut DIKTI, misi pengabdian masyarakat sendiri adalah menciptakan peradaban dan nilai-nilai kehidupan baru bagi masyarakat luas dan juga masyarakat kampus. dengan demikian, prinsip transfer ilmu pengetahuan dan teknologi dapat terpenuhi. sebab ada solusi mengalir dari kampus-kampus dan sebagai imbalannya, tantangan mengalir masuk dari masyarakat. mengacu kepada misi pengabdian masyarakat tersebut ditetapkan aliran kerja bagi masyarakat dosen yang berniat melakukan Pengabdian kepada Masyarakat. Aliran kerja tersebut diawali dengan kunjungan masyarakat  yang akan diusulkan. Pada saat kunjungan, pengusul sebaiknya tidak mengidentifikasi sekaligus menetapkan persoalan, kebutuhan atau tantangan yang dihadapi secara sepihak. Akan tetapi, hasil identifikasi perguruan tinggi  harus di bicarakan terlebih dahulu bersama masyarakat dan mendengarkan serta mencernakan masukan-masukan yang diberikan berkenan dengan hal tersebut. masukan yang berasal dari masyarakat menjadi pekerjaan utama atau  kegiatan yang diprioritaskan pada usulan pengabdian kepada masyarakat . hal inilah yang selanjutnya menjadi pemikiran dosen untuk dicarikan solusinya. Tindakan tersebut akan memberikan hasil dalam wujud luaran program. karena jenis tindakan sudah diketahui sejak awal, maka target luaran pun dapat dirancang dan diantisipasi apakah berwujud jasa ataupun barang. seluruhnya berada dalam kondisi siap dimanfaatkan masyarakat. hal- hal menjadi dasar pengelolaan LPKMV UNTAR.

Ir. Basuki Anondho, M.T.

ketua lembaga pengabdian kepada masyarakat dan Ventura